Selasa, 07 Januari 2020

Perbedaan Kebudayaan

Mas Sugeng
Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yakni “Buddhayah”, yang merupakan bentuk jamak dari “Buddi” (Budi atau Akal) artinya sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut “Culture”, yang berasal dari kata latin “Colere”, yakni mengolah atau mengerjakan. Dapat diartikan juga sebagai mengolah tanah/bertani. Kata dari “Culture” terkadang juga diterjemahkan sebagai “kultur” dalam bahasa Indonesia.

Perlu diketahui bahwa dari berbagai unsur yang pada dasarnya rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, karya seni dan bangunan. Budaya merupakan gambaran dari suatu bangsa, apabila suatu bangsa memiliki beragam budaya maka bangsa itu merupakan suatu bentuk dari kesatuan berbagai macam aspek-aspek budaya, contohnya bangsa Indonesia.

Indonesia memiliki berbagai macam budaya dari setiap masing-masing daerah yang dimiliki Indonesia. Pastinya kita ketahui bahwa unsur-unsur budaya itu salah satunya adalah bahasa. Bahasa merupakan salah satu bentuk perwujudan budaya yang dimanfaatkan manusia untuk saling berkomunikasi antar sesama baik dalam bentuk tulisan, lisan, dan gerakan tubuh. Melalui suatu bahasa, manusia dapat mengetahui dan mempelajari adat istiadat daerah itu. Di negara Indonesia ada berbagai macam bahasa yang disesuaikan dengan daerahnya masing-masing. Hal tersebut jelas menggambarkan suatu bentuk pluralisme dalam sebuah satu kesatuan Negara Indonesia.

Berikut ini beberapa bahasa daerah yang terdapat di Negara Indonesia.
 Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yakni  Perbedaan Kebudayaan
Bahasa Daerah di Indonesia