Kamis, 09 Januari 2020

Pembelajaran 5 Subtema 4 Keajaiban Perubahan Wujud

Proses terjadinya hujan melalui beberapa tahap perubahan wujud. Penguapan terjadi pada saat air dipermukaan bumi menguap karena terkena panas matahari. Uap air akan berubah menjadi awan. Setelah itu terjadi proses pengembunan di mana uap air berubah menjadi titiktitik air yang disebut pengembunan.

Ayo Mengamati
Pernahkah kamu memperhatikan terjadinya hujan? Hujan terjadi karena adanya perubahan wujud. Sebagian permukaan bumi berisi air. Ada sungai, danau, kolam, dan lautan yang terisi air.

Air di permukaan bumi menguap terkena panas matahari. Uap air akan berubah menjadi awan. Awan akan mengembun menjadi titik-titik air. Kemudian, titik-titik air jatuh ke bumi. Itulah yang dikenal sebagai hujan.
Proses terjadinya hujan melalui beberapa tahap perubahan wujud Pembelajaran 5 Subtema 4 Keajaiban Perubahan Wujud
Ayo Berdiskusi
Perubahan wujud yang terjadi di sekitarmu merupakan perubahan alami. Perubahan yang terjadi di alam inilah yang patut disyukuri. Urutkan proses terjadinya hujan berdasarkan penjelasan di atas! Diskusikan bersama kelompokmu! Berilah nomor pada kotak yang telah disediakan!
Proses terjadinya hujan melalui beberapa tahap perubahan wujud Pembelajaran 5 Subtema 4 Keajaiban Perubahan Wujud
Proses terjadinya hujan melalui beberapa tahap perubahan wujud. Penguapan terjadi pada saat air dipermukaan bumi menguap karena terkena panas matahari. Uap air akan berubah menjadi awan. Setelah itu terjadi proses pengembunan di mana uap air berubah menjadi titik-titik air yang disebut pengembunan.
Ayo Menulis
Kamu telah mengurutkan proses terjadinya hujan. Jelaskan yang terjadi di setiap gambar! Mulailah dari nomor 1.
Proses terjadinya hujan melalui beberapa tahap perubahan wujud Pembelajaran 5 Subtema 4 Keajaiban Perubahan Wujud
  1. Air di permukaan bumi akan menguap karena terkena panas matahari.
  2. Uap air akan berubah menjadi awan.
  3. Setelah itu terjadi proses pengembunan di mana uap air berubah menjadi titik-titik air.
  4. Butiran-butiran air akan jatuh ke bumi.
  5. Air hujan yang jatuh ke bumi akan berkumpul dan kembali menguap.

Ayo Mengamati
Siti hendak pergi ke rumah teman untuk mengerjakan tugas. Saat itu hujan turun dengan derasnya. Siti menunggu hingga hujan reda. Hujan turun sejak pukul 07.15 pagi dan berhenti pukul 09.10. Berapa lama hujan turun?

Lama hujan turun
Proses terjadinya hujan melalui beberapa tahap perubahan wujud Pembelajaran 5 Subtema 4 Keajaiban Perubahan Wujud
45 menit + 1 jam + 10 menit = 1 jam 55 menit
Jadi, hujan turun selama 1 jam 55 menit

Udin pergi ke sekolah diantar ayah. Udin berangkat pukul 06.25. Perjalanan dari rumah ke sekolah membutuhkan waktu 30 menit. Pukul berapa Udin sampai di sekolah?
30 menit setelah pukul 06.25 adalah 06.55. Udin sampai di sekolah pukul 06.55.
Selesaikan soal-soal berkaitan dengan waktu!
a. 2 jam setelah pukul 08.00 adalah pukul (08.00 + 02.00 = 10.00)
b. 4 jam sebelum pukul 06.20 adalah pukul (06.20 - 04.00 = 02.20 )
c. 45 menit setelah pukul 04.15 adalah pukul (04.15 + 00.45 = 05.00)
d. 3 jam setelah pukul 01.20 adalah pukul (01.30 + 03.00 = 04.30 )
e. 1 jam sebelum pukul 09.10 adalah pukul 09.10 - 01.00 = 08.10 )
f. 50 menit setelah pukul 10.40 adalah pukul (10.40 + 00.50 = 10.90 = 11.30)

Ketika musim hujan, hampir setiap hari hujan turun. Perhatikan waktu hujan turun dan berhenti! Amati selama tiga hari. Hitunglah lama waktu hujan setiap harinya!
HariAwal Hujan TurunHujan BerhentiLama Hujan Turun
1.Pukul 05.30Pukul 06.4505.30 - 06.00 = 30 menit
06.00 - 06.45 = 45 menit
30 menit + 45 menit = 75 menit
Jadi 1 jam 15 menit
2.Pukul 08.15Pukul 09.5508.15 - 09.00 = 45 menit
09.00 - 09.55 = 55 menit
45 menit + 55 menit = 95 menit
Jadi 1 jam 35 menit
3.Pukul 12.16Pukul 14.2512.16 - 13.00 = 44 menit
13.00 - 14.00 = 1 jam
14.00 - 14.25 = 25 menit
44 menit + 1 jam + 25 menit = 1 jam 69 menit
Jadi 2 jam 9 menit
4.Pukul 16.00Pukul 18.2516.00 - 18.00 = 2 jam
18.00 - 18.25 = 25 menit
Jadi 2 jam 25 menit

Tuliskan jadwal kegiatanmu di sekolah hari ini! Mulai tiba di sekolah hingga pulang sekolah. Lengkapilah dengan waktunya!
Mulai
Kegiatan
Selesai
Kegiatan
KegiatanLama Kegiatan
06.1506.30Berangkat ke sekolah06.15 - 06.30 = 15 menit
06.3007.00Membaca buku06.30 - 07.00 = 30 menit
07.0008.45Olah Raga07.00 - 08.00 = 1 jam
08.00 - 08.45 = 45 menit
Jadi 1 jam 45 menit
08.4509.00Istirahat08.45 - 09.00 = 15 menit
09.0010.45Belajar di kelas09.00 - 10.00 = 1 jam
10.00 - 10 45 = 45 menit
Jadi 1 jam 45 menit
10.4511.00Pulang ke rumah10.45 - 11.00 = 15 menit

Ayo Mengamati
Saat musim hujan, jejak sepatu siswa membasahi lantai sekolah. Akibatnya, lantai sekolah menjadi basah dan licin. Udin berjalan dengan cepat karena takut terlambat masuk sekolah. Udin tidak memperhatikan lantai yang basah dan licin.

Udin pun tegelincir, buku yang dibawanya jatuh berserakan. Udin terlihat menahan sakit di kakinya. Kamu berada di dekat Udin saat itu. Apa yang kamu lakukan? Tuliskan pendapatmu!
Menolong Udin untuk berdiri dan mengumpulkan bukunya yang berserakan
Diskusikan bersama kelompokmu! Ceritakan pengalamanmu saling menolong yang pernah dilakukan! Dengarkan cerita temanmu! Ceritakan pula pengalamanmu!

Tuliskan pengalamanmu dan temanmu! Pilihlah satu pengalamanmu yang berkesan! Tuliskan pula pengalaman temanmu yang berkesan!
Nabila suka menolong temanya. Pada suatu hari Nabila mau berangkat ke sekolah tiba-tiba ia melihat temanya jatuh dari sepeda. Nabila bingung kalau menolong temanya takutnya telat sekolah namun Nabila ingat pesan pak ustad bahwa kita hidup tidak bisa sendiri karena kita harus saling tolong menolong.

Nabila akhirnya memutuskan untuk menolong temanya yang jatuh dari sepeda. Karena temanya luka sehingga Nabila menuntun temanya ke klinik terdekat dan di klinik ditangani oleh dokter sehingga keadaan membaik dan sudah diobati.

Pengalamanku yang menunjukkan sikap menolong di sekolah
  1. Menolong teman membersihkan kelas meskipun bukan jadwal piket kita.
  2. Menolong teman dengan meminjamkan catatan sekolah untuk disalin.
  3. Menjelaskan kepada teman mata pelajaran yang belum ia pahami.
  4. Menolong teman yang sakit untuk dibawa ke ruang UKS
  5. Menolong ibu guru mengumpulkan dan membagikan kertas ulangan
  6. Saling tolong menolong ketika mengadakan kerja bakti di sekolah
  7. Menolong teman dengan meminjamkan alat tulis
  8. Menolong teman dengan membagikan bekal makanan di jam makan apabila ia lupa membawa bekal ke sekolah.
Pengalaman temanku menunjukkan sikap menolong yang menurutku paling berkesan
Temanku menolong teman lainnya dengan membagikan bekal makanan di jam makan apabila ia lupa membawa bekal ke sekolah.
Mengapa kita perlu menolong orang lain?
Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa orang lain. Dengan saling tolong menolong tentu kita akan bisa menjalani semuanya dengan lebih mudah.